Tips Menjadi Stand up Comedian Buat Pemula - Sering Dicari — Tutorial & Informasi Bermanfaat

Tips Menjadi Stand up Comedian Buat Pemula

Pernah gak sih pengin jadi stand up comedian? Atau udah jadi? Atau pernah sekali tapi takut nyoba lagi karena gak ada yang ketawa? Setau gue, banyak comic-comic baru yang gak mau nyoba lagi gara-gara trauma gak ada yang ketawa. Jangan salahkan penonton, mungkin kitanya aja belum siap.

Tips Menjadi Stand up Comedian Buat Pemula

Jadi comic/stand up comedian itu menurut gue gak asal ngomong di depan panggung terus lucu terus dapat tepuk tangan. Kalau ngomong soal lucu, Sule juga lucu. Stand up comedy gak asal bikin tertawa penonton, tapi juga ngasih pesan moral ke penonton. Sejauh ini stand up comedian yang keren banget yang pernah gue tonton itu Ge Pamungkas. Do'i stand up dua jam lebih, banyak pesan moral yang disampaikan, gue pengin banget jadi comic kayak dia, cuman kurang ganteng doang.

Ya wes, gak usah kebanyakan basa-basi. Gue mau bagi-bagi tips buat kamu yang pengin jadi stand up comedian, terutama yang baru nyoba. Bukannya apa-apa sih, gue cuman pengin berbagi apa yang gue tau.

1. Tulis materi

Semua comic pasti tulis materi, Pandji, Ernest Prakasa, Gue juga nulis materi sebelum tampil. Tujuannya biar kita gak blank di atas panggung, tau dimana mau opening dan kapan mau closing. Semuanya bakal keliatan rapi kalau materinya ditulis dulu.

Banyak comic baru yang gak nulis materi gara-gara punya pemikiran kalau stand up comedy itu asal ngelucu depan panggung. Stand up comedy itu beda sama komedi lainnya.

2. Jangan try to be funny

Ini juga yang membedakan stand up comedy dengan komedi lainnya, stand up comedy itu gak try to be funny (mencoba untuk lucu). Pake kostum badut, lempar-lempar tepung, dll. Memang sih, biasanya kalau baru nyoba kemungkinan besar try to be funny, sebelum terlambat gue saranin jangan. Bikin penonton ketawa gara-gara apa yang kita omongkan, jangan ketawa gara-gara kelakuan gak jelas kita diatas panggung.

3. Jangan pakai materi orang.

Materi harus 100% bikinan sendiri, gak boleh ngambil punya comic yang udah ada atau ngambil di internet "Kumpulan cerita lucu" dll. Kemungkinan sama dengan materi orang lain itu ada, kalau kata Raditya Dika, sama itu gak papa, asal gak disama-samain. Tapi, kalau ada yang bilang "Wah, materi lo sama kayak punya si Pandji". Kamu gak usah ngeyel, bikin materi baru lagi, kalah cepet itu namanya.

4. Jadi diri sendiri

Setau gue, comic yang paling banyak ditiru itu Raditya Dika, Kemal, Ge Pamungkas, Fico. Ditiru dari segi materi, pembawaan, pokoknya mirip banget lah. Saran gue, jangan niru karakter yang udah ada. Dari lahir kita diciptakan berbeda-beda.

5. Jangan pernah puas

Kalau udah tulis materi, gak try to be funny, gak pakai materi orang lain, jadi diri sendiri . Jangan puas dulu, kita gak akan pernah belajar kalau kita cepat merasa puas. Masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Bisa jadi penampilan pertama pecah, tapi penampilan kedua garing. Latih terus..

6. Banyakin jam terbang

Ngelatih itu bisa pas lagi di kost, nyetir mobil, atau pas lagi nongkrong di WC. Tapi, jam terbang itu cuma bisa didapetin di panggung openmic.

Openmic itu panggung uji  materi buat comic baru atau comic yang udah lama. GRATIS! Jangan mau kalau disuruh nonton openmic bayar, atau bayar buat tampil di panggung openmic. Jangan pernah berharap kalau openmic itu pasti lucu, ada yang lucu, ada juga yang gak lucu. Namanya juga gratis + uji materi. Kalau stand up show itu si comic dibayar, atau penonton yang bayar buat nonton comic. dan pasti comicnya lucu. Masih banyak yang belum bisa bedain mana openmic dan mana stand up show.

Banyakin jam terbang itu kita bisa tau, dimana letak kesalahan kita. Kurang intonasi, atau kurang yang lainnya. Comic yang udah terkenal juga openmic loh, kayak Pandji, Ernest dll. Intinya sih, kita gak bakal tau kualitas materi kita kalau gak di openmic kan.

7. Ikut komunitas itu perlu

Kalau menurut gue sih ikut komunitas itu wajib, kamu bisa gabung komunitas stand up comedy di kota kamu. Kalau gue ikut di stand up Indo Malang hehe. Ikut komunitas itu enak.

Pertama: Kita bakal dikasih masukan sama comic yang udah pengalaman. Kurangnya dimana, dll. Kalau gak ikut komunitas kita pasti gak ada yang evaluasi.

Kedua: Dapet jatah manggung. Kalau ada tawaran job kemungkinan (Kalau lucu), bakal dapet job. Seneng loh, udah dapet pahala bikin orang ketawa, dapet duit juga.

Ketiga: Tampil di stand up nite. Foto gue di atas tadi, itu stand up nite 2 Malang. Stand up nite itu acara komunitas yang isinya full stand up comedy. Kalau stand up show biasa kan kita diundang buat ngisi diacara tertentu. Jarang-jarang comic bisa tampil di panggung stand up nite, karena yang tampil comic-comic terpilih di komunitas.
--------

Mungkin itu cukup buat pemula, masih banyak ilmu yang perlu dipelajari di stand up comedy. Postingan gue ini gak bermaksud ngajarin, gue cuma pengin bagi apa yang gue tau. Masih banyak comic yang lebih hebat dari gue diluar sana. Kalau kata Alitt Susanto penulis favorite gue "Karena berbagi, tak pernah rugi". Baca juga : Bagaimana cara menulis materi stand up comedy

Maaf kalau ada kurangnya, temen-temen bisa komen dibawah kalau ada masukan. See you next post! Baca juga: Tips menerbitkan sebuah buku ke penerbit besar
Disqus comments