WASPADA! Penipuan OLX Menggunakan E-Cash Mandiri - Sering Dicari — Tutorial & Informasi Bermanfaat

WASPADA! Penipuan OLX Menggunakan E-Cash Mandiri

Buat Anda yang ingin menjual barang bekas di OLX, berhati-hatilah agar tidak kena tipu. Tepat sekali jika sekarang Anda membaca artikel ini karena akan menyelamatkan uang yang ada di tabungan Anda.

Awalnya, saya ingin menjual kamera saya melalui salah satu website yang bisa dibilang besar di Indonesia untuk urusan jual beli barang bekas elektronik maupun yang lainnya, yaitu OLX. Sebenarnya saya ingin menjualnya di tokopedia dan bukalapak, tapi entah kenapa tiba-tiba kepikiran OLX. Tidak ada salahnya, siapa tahu laku cepat.

Singkat cerita, saya memasang informasi mengenai kamera yang saya ingin jual, spesifikasi beserta foto lengkap dari beberapa sudut pandang. Setelah saya publish, tidak ada 5 menit ada SMS masuk ke nomor saya ingin membeli kamera tersebut. Wow, sempat shock karena cepat sekali. Jarang-jarang jual online bisa secepat ini.

Jika Anda mengalami hal yang sama, jangan senang dulu. Pada awalnya, si penipu terlihat sangat antusias dengan barang yang Anda jual. Layaknya pembeli pada umumnya, penipu juga basa-basi dengan mencoba nego, menanyakan kondisi barang, dan lain sebagainya.

Tanpa pikir panjang, penipu akan bilang bahwa ingin membeli barang tersebut. Saya sempat berfikir untuk mengetik dan mengambil foto ulang kamera yang ingin saya jual, tapi penipu ini sangat terburu-buru. Selalu mengirimkan "p" pada obrolan, yang artinya PING atau memberi tahu Anda supaya cepat membalas.

WASPADA! Penipuan OLX Menggunakan E-Cash Mandiri
Klik gambar untuk perbesar

Setelah deal, penipu akan menanyakan nomor rekening Anda dan akan ditransfer melalui E-Cash Mandiri. Nah, disini Anda akan disuruh pergi ke ATM untuk menarik uang yang (katanya) akan ditransfer. STOP! Jangan pernah pergi ke ATM.

Dari sini saya sudah mulai curiga, jika memang dia ingin mentransfer uang kenapa malah saya yang repot pergi ke ATM? Sempat baca-baca di internet tentang hal ini, ternyata memang modus penipuan jika Anda diharuskan pergi ke ATM. Setelah Anda pergi, penipu akan membimbing Anda untuk memencet dan memasukkan kode, disitulah penipu akan merampas uang tabungan senilai dengan harga barang yang ingin dijual.

Namun, tidak berhenti disini saja. Saya screenshot artikel penipuan tersebut kemudian si penipu bilang "Gini deh, gan. Biar sama-sama enak, agan pergi ke Indomaret saja deh. Saya niatnya cuma mau beli, nanti agan bilang ke kasir Indomaretnya untuk tarik uang".

Karena saya penasaran dengan bagaimana cara dia menipu, saya pergi ke Indomaret. Si penipu bilang jangan masuk ke dalam Indomaret, tunggu di luar saja setelah dikirim kode baru boleh masuk. Tidak ingin kalah pintar dengan si penipu, saya menanyakan kepada kasir apakah bisa menarik uang e-cash mandiri di Indomaret? Kasir bilang tidak bisa.

Kemudian, saya bilang bahwa saya sudah berada di indomaret. Penipu meminta saya untuk mem-foto Indomaret dari luar. Setelah saya kirim foto dari luar, penipu menyuruh untuk menunggu beberapa menit kemudian Anda akan ditelfon.

Nah, disini jika Anda berhasil kena tipu, Anda akan dibimbing lagi untuk melakukan transaksi pembayaran. Sebenarnya kode pembayaran tersebut adalah penagihan saldo tokopedia. Menurut pengamatan saya, penipu ingin mengisi saldo di tokopedia namun Anda yang harus membayar pengisian saldo tersebut.

WASPADA! Penipuan OLX Menggunakan E-Cash Mandiri
Klik gambar untuk perbesar.

Bisa dilihat dari gambar di atas, jika memang ingin transfer kenapa kode pembayaran? Ketahuan kan? Jadi, jangan sampai Anda melakukan transaksi apapun melalui bank, ATM, dan juga indomaret. Jika benar-benar serius uang akan dikirim melalui rekening tanpa harus melalui proses yang rumit.

Setelah penipu telfon saya, saya bilang saya sudah masuk Indomaret. Tahukan Anda apa yang terjadi? Penipu marah-marah dan berbicara kotor. Saya hanya bisa tertawa.

Sekarang ini banyak sekali modus penipuan yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Pengalaman saya ini hanyalah salah satu dari sekian banyak model penipuan. Untuk berjaga-jaga, siapa tahu nomor mereka masih sama, berikut nomor yang dibuat penipu :

081369462503 (Digunakan untuk whatsapp)
087734408906 (Digunakan untuk telfon)
087897753908 (Digunakan untuk SMS)

Intinya, selalu berhati-hati dan jangan sampai melakukan transaksi apapun ketika ada orang telfon ke nomor Anda, apalagi tidak dikenal. Jika mengaku keluarga Anda, pastikan dulu apakan benar-benar keluarga atau tidak. Bantu share artikel ini supaya teman-teman yang lain juga tahu. Terima kasih! Jika Anda ingin mengetahui saldo BCA hanya dari rumah, baca juga : Cara daftar klik BCA terbaru
Disqus comments