Cara Supaya Kenari Rajin Bertelur - Sering Dicari — Tutorial & Informasi Bermanfaat

Cara Supaya Kenari Rajin Bertelur


Di rumah saya memelihara lovebird dan kenari, dibandingkan dengan lovebird, saya lebih dulu memelihara kenari. Karena pada waktu itu kenari lebih mudah dibandingkan dengan harga lovebird yang masih diatas lima ratus ribu satu ekor.

Tapi, walaupun saya lebih dulu memelihara kenari. Burung lovebird saya lebih dulu bertelur, padahal bisa dibilang umurnya hampir sama antara kedua peliharaan saya tersebut. Sampai akhirnya anak lovebird saya menetas dan hampir makan sendiri, kenari saya masih belum bertelur juga.

Hmmm.. Sepertinya ada yang salah. Saya terus belajar dan mencoba eksperimen.

Cara Supaya Kenari Rajin Bertelur

Setelah mencoba dan gagal, akhirnya saya berhasil membuat kenari bertelur. Tetapi setelah menunggu dua minggu, telur tersebut tidak bisa menetas. Di periode yang kedua, Alhamdulillah menetas dengan selamat. Kurang lebih begitu pengalaman saya memelihara burung kenari. Di postingan ini, saya akan berbagi sedikit tips supaya kenari kita bisa bertelur rajin dan selalu jadi, tidak gagal. Bukan bermaksud menggurui, hanya share sesuai pengalaman saja.

1. Makanan

Makanan menjadi faktor utama kesehatan burung, jika makanan sehat, InsyaAllah burung juga akan sehat. Usahakan berikan sayuran setiap harinya untuk mensuplai vitamin burung, supaya tidak lemas dan mempunyai kondisi yang prima.

Telur, sayur dan asinan tidak boleh telat. Ganti sayur dan telur ketika sudah terlihat tidak segar lagi. Selain itu, minuman juga harus diperhatikan, usahakan tetap bersih setiap saat. Karena mungkin saja kotoran yang ada di dalam air minum bisa mengganggu kesehatan burung.

2. Jemur

Walaupun kamu mempunyai lahan yang kecil, dan kurang cahaya matahari. Tidak masalah, tetapi harus dijemur. Jika tidak sempat setiap hari, bisa juga dua hari sekali. Jangan sampai tidak kamu jemur, karena sinar matahari bisa membuat burung semakin sehat dan lincah.

3. Suhu ruangan

Karena tidak punya tempat yang luas, saya beternak burung di gang samping rumah saya. Suhunya tidak pasti, kadang panas sekali, kadang juga dingin. Pertama burung saya ada di dapur bisa bertelur, tetapi setelah saya pindahkan ke gang, burung tidak mau mengeram dan bertelur.

Suhu ruangan juga menjadi faktor penting supaya burung kenari rajin bertelur. Tempatkan burung di ruangan yang biasa-biasa aja. Maksudnya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin juga.
4. Sarang / susuh
Awalnya saya menggunakan plastik dibagian bulatan untuk menaruh sarang, dan sarangnya menggunakan semacam plastik. Namun tidak kunjung bertelur, setelah saya ganti tempat yang terbuat dari triplek berbentuk kotak dan sarang menggunakan serabut kelapa. Burung saya langsung menempati sarang tersebut. Jadi, gunakan tempat kotak dari triplek dan serabut kelapa.

5. Kelamin jantan dan betina

Pastikan kelamin burung kamu jantan dan betina, jangan sampai sama karena jika sama tidak akan bertelur walaupun sudah dicampur bertahun-tahun hehe.

( i ) Memelihara burung kenari ternyata gampang sekali, tidak rumit. Yang membuat burung tidak bisa bertelur dan terkadang mati adalah kondisinya yang tidak sehat. Jadi, kuncinya adalah jaga kesehatan burung peliharaan supaya rajin bertelur dan menghasilkan rejeki bagi peternak. Baca juga: Cara agar lovebird rajin bertelur

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Semoga sukses!
Disqus comments