Lakukan 6 Hal Ini di Hari Pertama Kerja, Wajib Tahu! - Sering Dicari — Tutorial & Informasi Bermanfaat

Lakukan 6 Hal Ini di Hari Pertama Kerja, Wajib Tahu!

Hari pertama kerja adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang. Bagaimana tidak, hari pertama kerja menjadi moment yang paling bahagia karena pekerjaan baru sudah menanti. Terutama untuk kalian para fresh graduate, belum pernah memiliki pengalaman kerja sebelumnya mungkin akan dua kali senangnya.

Hari pertama kerja menjadi penentu dan kesan yang tidak terlupakan. Hari penentu dimana anda akan dinilai oleh rekan kerja, sekaligus penentu untuk menunjukkan kemampuan kepada partner dan bos.

Hari Pertama Masuk Kerja, Lakukan Hal ini - Sering Dicari
Foto : unsplash/huntersrace

Maka dari itu, anda tidak boleh memberikan kesan yang buruk saat hari pertama kerja. Supaya image baik anda baik saat hari pertama. Dalam postingan ini, Sering Dicari ingin berbagi informasi tentang hal-hal apa saja yang harus anda lakukan saat hari pertama kerja. Berikut tipsnya!

1. Berkenalan Dengan Rekan Kantor
Layaknya datang ke rumah orang, di hari pertama masuk kerja anda harus berkenalan dengan rekan kerja. Apalagi dengan partner yang akan selalu berhubungan dengan pekerjaan, berkenalan adalah hal yang penting dan wajib dilakukan.

Jangan malu karena anda adalah orang baru, jadi ini adalah hal yang harus anda lakukan pertama kali saat memasuki kantor.

2. Jangan Terlalu Show Off
Di hari pertama kerja, jangan terlalu menunjukkan kemampuan yang anda miliki terlalu berlebihan, apalagi dengan kata-kata. Cukup bekerja semaksimal mungkin, tanpa berbicara dan menjelaskan otomatis orang disekitar anda akan tahu. 

Show off justru akan membuat orang lain tidak hormat dengan anda. Selain itu, hal ini memang tidak dibutuhkan oleh orang-orang kantor. Merendah jauh lebih baik dibandingkan dengan banyak gaya. 

3. Tunjukkan Sifat Positif
Karena hal ini berhubungan dengan first impression (penilaian pertama) orang lain kepada anda, usahakan selalu tunjukkan sifat positif dan ramah kepada semua orang. Hal ini akan menentukan kedepannya anda akan dinilai seperti apa.

Di hari-hari berikutnya pun anda harus selalu menunjukkan sifat positif, selain berguna untuk anda sendiri, memiliki sifat positif juga berguna untuk orang lain karena anda akan mempengaruhi mood teman-teman sekantor.

4. Bertanya
Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Pertama Masuk Kerja - Sering Dicari
Foto : unsplash/icons8
Tidak ada salahnya bertanya jika anda tidak mengetahui pekerjaan yang anda lakukan, terutama di hari pertama kerja. Partner kerja akan memaklumi dan menjelaskan kepada anda apa yang tidak anda pahami. Bertanya justru lebih baik daripada sok tahu.

5. Selesaikan Semua Pekerjaan
Hal ini akan menambah nilai plus anda dimata atasan. Dengan menyelesaikan semua pekerjaan di hari pertama masuk kantor, atasan akan menilai bahwa anda adalah orang yang kompeten dibidangnya, tidak rugi meng-hire anda sebagai karyawan. 

6. Ontime
Di pagi hari saat berangkat usahakan tepat waktu, jam berapapun itu anda harus berada di kantor paling tidak 15 menit sebelumnya. Hal ini menimbulkan kesan bahwa anda adalah orang yang disiplin.

Begitupun juga dengan pulang, usahakan pulang tepat waktu. Meskipun misalnya pekerjaan anda belum selesai. Berbeda jika ada lembur, jika tidak dibayar, mengapa anda harus bekerja lebih?

***

Sekarang tidak perlu bingung lagi hal apa yang harus anda lakukan di hari pertama kerja. Semoga bermanfaat! Baca juga : Rahasia Tips Sukses Berjualan Es Kopi Susu
Disqus comments